Berita
NEWS UPDATE :  

Berita

Program Ekstrakurikuler Seni Kaligrafi di MTsN Bangkalan


Ekstrakulikuler adalah suatu program di luar jam pelajaran yang dikembangkan dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan dan berupaya membentuk watak dan kepribadian serta pengembangan bakat, minat dan keunikan peserta didik secara khusus. Kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat bagi peserta didik diantaranya sebagai wadah penyalur hobi, minat, bakat dan kreatifitas. 

Berdasarkan visi misi MTsN Bangkalan yaitu Terwujudnya lulusan yang unggul, berprestasi, beriman dan bertaqwa, maka ektrakurikuler seni kaligrafi merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan visi misi tersebut. Seni Kaligrafi yang dimaksud adalah tulisan arab yang diperindah tetapi tidak lepas dari kaidah baku kaligrafi atau dikenal dengan sebutan kaidah khot. Ada beberapa jenis kaidah khot yang sudah populer di Indonesia yaitu Naskhi, sulust, farisi, riq i, diwani, diwani jali dan khufi. Karena itu Kaligrafi Arab ditulis dengan standar aturan penulisan huruf yang sudah ditentukan

Dengan adanya ekstrakurikuler seni kaligrafi peserta didik MTsN Bangkalan diharapkan dapat meningkatkan kemahiran dalam menulis arab dengan benar, meningkatkan prestasi di bidang non akademik, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan karena menuliskan ayat-ayat Al-Quran dengan indah, dan dapat pula sebagai Sarana mencari rezeki.

Peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler tersebut adalah peserta didik yang mau sungguh–sungguh untuk berlatih, dan tidak diwajibkan bagi seluruh peserta didik di MTsN bangkalan sehingga yang ikut biasanya siswa yang memiliki minat dan bakat dalam seni visual.

Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari kamis pada pukul 14.30 setelah kegiatan KBM selesai ditempat yang sudah ditentukan. Sejak kegiatan ekstrakuriler seni kaligrafi yang diadakan sejak pada tanggal 19 september 2019, antusiasnya sesuai dengan harapan kami. Pada awalnya untuk kelas VII saja, itu sudah mencapai 20 lebih siswa yang mendaftar dan hasil belajarnya sangat memuaskan.







Semoga dengan berjalannya ekstrakurikuler seni kaligrafi dapat memberikan kontribusi baik penigkatan prestasi peserta didik maupun pada MTsN Bangkalan kedepannya.