NEWS UPDATE :  

Berita

SUKSES UJIAN PAT ON LINE MTsN BANGKALAN

Sukses Ujian  PAT On Line  MTsN Bangkalan


Status zona merah untuk pandemi covid-19 di kabupaten Bangkalan, memberikan dampak  yang sangat mengkhawatirkan bagi sebuah lembaga pendidikan untuk melakukan pembelajaran tatap muka secara langsung kepada para siswa. Apalagi kemudian pemerintah memberikan keputusan memperpanjang berlakunya BDR (Belajar  Dari  Rumah) sampai tahun ajaran baru mendatang. Pemberlakuan new normal di lingkungan dunia pendidikan masih dirasa begitu memprihatinkan. Berkumpulnya siswa dalam jumlah banyak  dalam interaksi proses belajar mengajar ditakutkan akan menimbulkan penambahan kasus  baru penyebaran virus covid -19 ini, seperti banyak terjadi kasus di negara lain seperti Prancis. 

Sejak pertengahan Maret  2020 pemerintah menginstruksikan kepada semua lembaga pendidikan melakukan pembelajaran yang bersifat daring. Hal ini menuntut kesiapan lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi dan terobosan pembelajaran yang bersifat online. Kesiapan tersebut bisa dari aspek sarana ,  pendidik, siswa, serta,  beberapa penunjang yang mendukung terciptanya kesuksesan sistem pembelajaran yang bersifat online. Satu Hal yang sangat penting adalah dukungan dan partisipasi orang tua dalam memfasilitasi anak untuk melakukan pembelajaran daring. Karena bagaimana pun upaya sebuah lembaga pendidikan / sekolah memberlakukan sistem pembelajaran ini, tidak akan mungkin sukses tanpa dukungan orangtua di rumah. Orang tua harus tetap punya peran kontrol yang sangat besar terhadap penggunaan gaget saat proses pembelajaran.Jangan-jangan anak punya dalih untuk selalu berada di depan gaget untuk alasan keperluan sekolah, padahal mereka justru sibuk dengan game-game online. Naudzubillah 

Pembelajaran online sampai saat ini, berlaku juga pada  pelaksanaan ujian PAT (Penilaian  Akhir  Tahun)  tahun pelajaran ini. PAT MTsN Bangkalan secara online berlangsung mulai tanggal  4 sampai 12 Juni  2020.


Beberapa persiapan dilakukan untuk menjamin pelaksanaannya bisa berjalan dengan sukses dan lancar. Pada hari Sabtu tanggal 30 Mei 2020, dilakukan  simulasi PAT in line untuk melakukan uji coba soal kepada seluruh peserta. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk meminimalisir hal yang bersifat teknis pada saat pelaksanaan. Dan alhamdulillah, pelaksanaan simulasi berjalan lancar. Dari simulasi inilah panitia mengambil pelajaran atau langkah yang akan digunakan dalam pelaksanaan PAT. 

Panitia  PAT yang diketuai oleh Nur Aisyah  M. Pd.I menuturkan bahwa kegiatan PAT ini  dipantau dan disuport oleh kepala madrasah serta didukung oleh semua pihak. Baik dari pihak madrasah,  yaitu guru mapel,  wali kelas ,  seluruh dewan guru,  seluruh siswa kelas  7 dan 8, serta peran orang tua di rumah yang turut andil memberikan support kepada siswa untuk terus semangat mengikuti ujian sampai tuntas. Dan hal yang sangat esensial adalah sarana, media dan perangkat on line. Itu semua demi kesuksesan pelaksanaan PAT Daring.

Pelaksanaan PAT online kali ini diikuti oleh  siswa kelas  7  dan kelas  8 sejumlah   640 siswa. Antusias dan partisipasi guru mapel,  wali kelas, siswa serta orangtua dalam  pelaksanaan PAT online pertama  di MTsN ini bisa dikatakan  telah mencapai 98 persen.

Meski demikian, ada beberapa hal dan kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaan PAT online ini antara lain : kendala jaringan yang kadang tidak stabil. . Sehingga ada beberapa siswa yang sudah selesai mengerjakan, harus mengulang dari awal. Untuk mengawal kesulitan dan kendala siswa, setiap jenjang kelas dibentuk group  Whatsapp.Baik group wali kelas dan group kelas,  serta group panitia dan Wali kelas yang didampingi tim  IT. Melalui Whatsapp group inilah kendala bisa diketahui dan diambil jalan keluarnya.
Lain halnya ketika seseorang siswa yang tidak memiliki hp,  maka pihak madrasah memberi fasilitas ruang laboratorium yang sdh diatur dengan jarak sedemikian rupa sebagai bentuk social distancing untuk mencegah penularan virus covid -19.

Besar harapan, semoga pandemi ini segera berakhir.Dan pembelajaran bisa berlangsung secara normal. Pembelajaran yang menerapkan interaksi langsung antara siswa,  guru dan orang tua. Indahnya merajut kebersamaan dengan interaksi dan komunikasi langsung tanpa harus dibatasi jarak, tanpa ada perasaan takut berjabat tangan dan bersentuhan langsung karena takut terjangkit virus corona. Namun,  dibalik pandemi ini,  ada hikmah yang harus dipetik. Semangat belajar lebih dekat dengan IT tetap terus bergelora. Karena  di jaman milineal ini, kebutuhan berjejaring di dunia maya adalah sesuatu yang tidak bisa dipungkiri. Dan PAT MTsN Bangkalan berjalan sukses... 

INFO
PPDB ONLINE