NEWS UPDATE :  

Berita

MTsN Bangkalan Bagi Raport On Line

MTsN Bangkalan Bagi  Raport  ARD secara on line .

Pemerintah telah memberlakukan new normal dalam beberapa sektor. Seperti sektor bisnis, pelayanan aparatur pemerintahan dan jg beberapa sektor lain, namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker,  jaga jarak,  dan cuci tangan dengan sabun,  atau penggunaan hand sanitizer demi mencegah adanya penularan virus covid 19 ini.Lain halnya dengan dunia pendidikan,  menteri pendidikan dengan aturan yang terbaru akan membagi penerapan  pendidikan secara langsung sesuai zona covid di suatu daerah.Jika suatu daerah berstatus zona  hijau,  maka di awal tahun ajaran baru , tanggal  13 Juli 2020 nanti,  bisa melakukan pembelajaran secara langsung dengan izin  pemerintah setempat. Sementara lembaga pendidikan madrasah atau sekolah yang berada daerah yang berstatus zona merah, maka pembelajaran tahun  ajaran baru, masih tetap berlaku pembelajaran daring sampai status penderita covid 19 di suatu daerah mulai melandai atau menurun yang diperkirakan sampai Desember. ( itu kemungkinan paling buruk). 
Untuk wilayah Madura  dilihat dari perkembangan terakhir, angka kasus pasien positif covid masih tinggi. Bahkan pasien positif yang meninggal masih juga tinggi. Kasus terbaru di daerah  Sattoan,  3 bersaudara positif Covid meninggal. Di Sampang satu keluarga yang terdiri dari suami,  istri,  dan 2 anaknya yang berprofesi sebagai dokter meninggal dunia. Melihat kasus-kasus tersebut,  berarti daerah Madura secara umum masih berstatus zona merah. Artinya masyarakat dihimbau untuk tidak enteng,  tetap selalu ektra waspada dan hati - hati terhadap adanya penularan virus ini. 
Dari status zona merah tersebut,  maka proses pembelajaran di lembaga pendidikan masih harus tetap bersifat daring. Lembaga pendidikan  harus membuat terobosan-terobosan pembelajaran daring sebagai langkah inovatif dalam suatu lembaga pendidikan. MTsN Bangkalan sebagai  satu-satunya lembaga pendidikan madrasah Tsanawiyah negeri di kabupaten Bangkalan dibawah kementerian Agama berusaha untuk memberikan pelayanan prima, mudah,  dan terdepan kepada siswa dan masyarakat meski dalam pandemi covid. Mulai dari sistem pembelajaran yang menggunakan sistem  e-learning, PPDB on line,  dan sukses melaksanakan PAT on line. Selanjutnya MTsN Bangkalan akan memberikan informasi hasil pembelajaran siswa juga melalui on line. 
Setelah seminggu para dewan guru beserta wali kelas melakukan entri data hasil belajar kedalam aplikasi raport ARD(Aplikasi Raport  Digital). Maka langkah selanjutnya sesuai dengan keputusan hasil rapat  bersama,  kepala madrasah selalu penggerak menginstruksikan untuk melaksanakan  pembagian raport ARD melalui on line. Hal ini dimaksudkan, agar siswa siswi serta wali siswa di rumah, dapat mengakses hasil kegiatan pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2019/2020 secara online baik melalui hp atau laptop yang menggunakan akses internet dari rumah masing-masing. Akses link raport ARD akan diberikan pada tanggal  22 Juni  2020. Info link ini akan dikirim kepada group  Wa masing  2 kelas pada tanggal yang telah ditentukan. Setiap siswa dapat mengakses hasil nilai  pembelajaran mereka semester genap ini dengan menggunakan username berupa  NISN masing-masing siswa,  dan memasukkan nomor pasword dengan NIS.
Pembagian raport ARD secara on line ini dilakukan sebagai langkah dan inovasi yang dilakukan pihak MTsN Bangkalan untuk tetap memberikan pelayanan yang mudah, adaptiv serta inovatif. Dan juga semata-mata sebagai upaya meminimalisir kegiatan yang bersiifat pengumpulan massa,  sebagai langkah untuk  memutus mata rantai penularan covid 19 ini. Dengan senantiasa tetap berdoa dan berikhtiar agar Allah cepat mengangkat pandemi ini, amin.

INFO
PPDB ONLINE