Berita
NEWS UPDATE :  

Berita

MATSAMA DARING MTSN BANGKALAN

Matsama (Masa  Taaruf    Siswa  Madrasah) Tahun Pelajaran 2020  MTsN Bangkalan Secara Daring 

Masih tingginya kasus angka penderita suspect covid- 19 di Indonesia, berdampak juga pada sistem pembelajaran di tahun ajaran baru tahun pelajaran  2020/ 2021.Surat edaran dari  Menteri  Pendidikan terkait tahun pembelajaran di ajaran baru di dunia pendidikan masih melihat status zona di suatu daerah. Bagi daerah / wilayah yang berstatus  zona merah,  masih dilarang melakukan pembelajaran tatap muka. Demikian juga surat edaran dari kementerian agama,  juga melarang pembelajaran tatap muka pada seluruh madrasah yang berada dibawah kementerian agama yang berada di daerah bersatus zona merah. Hal ini mengantisipasi terjadinya kluster baru terhadap penyebaran virus ini. Meski ada juga beberapa sekolah di awal tahun ajaran baru ini,  tidak mengindahkan larangan pemerintah. Siswa masuk dan melakukan pembelajaran secara tatap muka.

 MTsN sebagai lembaga madrasah percontohan di Kabupaten Bangkalan berada di garda terdepan untuk selalu mendukung keputusan pemerintah, agar melaksanakan pembelajaran di awal tahun ajaran baru dengan sistem daring. 

Matsama  ( Masa Taaruf  Siswa  Madrasah)  bagi siswa baru kelas  7 juga dilakukan via online. Bapak M. Rustam, S. Ag, MM selaku kepala  Madrasah menginstruksikan kepada panitia Matsama ( Bapak  Koyyum M. PdI,  Laiatul  Izza,  S. Psi,  dan Nur Anisah,  M. PdI,  untuk membuat group wa khusus seluruh siswa baru.
Dari group besar itu,  kemudian dibuat group kelompok. Ada  10 kelompok,  dan masing - masing kelompok terdiri dari  31 siswa. Kelompok tersebut yaitu kelompok Ibnu  Sina,  Ibnu Rusyd,  Ibnu Maskawaih,  Alkhawarizmi, Al Ghazali,  Jabir bin Hayyan,  Al Kindi,  Ibnu Khaldun,  Jalaluddin  Rumi dan Al Farabi. Setiap kelompok didampingi oleh satu pembimbing. Pembimbing tersebut terdiri dari Heri  Pemudiyawati,  S. Ag,  Hj. Mas  Ummu Hanik,  M. Pd.I, Farida  Susilawati M
Pd. I,  Iffa Amaliya,  S. Hum,  Renggo S. Psi,  Siti  Hajar  Endang  Maini,  S.Ag, Susanti  Ikasari,  S. Pd, Nur Fadila,  S. Pd, Ruwaida,  S. Psi, dan Ariani, S.Sc. Pembimbing inilah yang mendampingi seluruh kegiatan yang dilakukan oleh siswa sesuai jadwal kegiatan mulai jam  07.00 sampai jam  12.00. Materi pertama adalah materi pengenalan lingkungan madrasah. Kata pepatah "tak kenal maka tak sayang". Selayang pandang tentang sambutan kepala madrasah,  visi misi, sarana prasana, serta seluruh personil madrasah ditampilkan dalam slide video.Secara garis besar kegiatan matsama lebih dititikberatkan pada aspek penanaman sikap prilaku religius, dan beretika. Seperti kegiatan sholat dluha, mengaji, dan tata cara sikap bergaul dalam kehidupan keluarga , sekolah, dan  masyarakat. Serta juga ada materi tentang bagaimana siswa tanggap covid 19.

Seluruh rangkaian Kegiatan matsama dilakukan mulai tanggal  13-15 Juli  2020. Sedangkan jadwal hari Kamis,  tanggal  16 juli,  tes pemetaan kelas. Tes ini dilakukan sebagai langkah untuk menentukan klasifikasi kelas pembelajaran siswa secara permanen. Kegiatan online siswa baru pada tanggal  17 juli  2020 adalah unjuk prestasi siswa  Madrasah  MTsN  Bangkalan. Sebagai penutup dari seluruh rangkaian kegiatan matsama semua siswa baru bisa  menunjukkan bakat dan kreativitas mereka melalui video. Dari sinilah kemudian siswa bisa memilih kegiatan ekstra kurikuler yang akan diikuti oleh mereka sesuai dengan bakat dan minat masing-masing. 

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan matsama tahun pelajaran  2020 / 2021 ini berjalan dengan lancar, meski baru pertama kegiatan matsama dilakukan secara daring. Partisipasi dan dukungan semua pihak sangat menentukan dalam kesuksesan kegiatan ini. Kendala jaringan,  serta adanya beberapa siswa yang bermukim di pesantren yang dilarang membawa hp. Upaya madrasah untuk membuat surat izin kepada pihak pesantren untuk memberikan izin untuk melakukan kegiatan matsama berbasis on line akhirnya bisa diselesaikan dengan baik. Semoga dengan kegiatan matsama yang dikemas dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan ini,  menambah semangat belajar dan rasa cinta siswa  dalam beradaptasi di lingkungan yang baru , MTsN Bangkalan.