Berita
NEWS UPDATE :  

Berita

KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES) by Renggo Asih Widarti, S.Pd. BK MTs Negeri Bangkalan

Apa itu kecerdasan? Dan, apakah hanya ada satu jenis kecerdasan? Bagaimana jika kita tidak pandai dalam matematika, tetapi brilian dalam Bahasa, apakah itu bisa dikatakan tidak cerdas? Atau apakah kita hanya membutuhkan cara yang berbeda untuk membingkai sesuatu saat kita belajar? Ini adalah pertanyaan yang dijawab oleh psikolog Harvard Howard Gardner dalam bukunya tahun 1983, "Frames of the Mind: The Theory of Multiple Intelligences." Di sini, Gardener menjelaskan bahwa orang tidak memiliki kapasitas intelektual yang ditetapkan, tetapi lebih banyak jenis kecerdasan, misalnya seseorang dapat menjadi cerdas dalam musik, tetapi buruk dengan angka. Berikut 9 jenis kecerdasan menurut Gardener :

1. Kecerdasan Linguistik (Linguistic Intelligence)

Kecerdasan Linguistik merupakan kemampuan berpikir dalam bentuk kata-kata dan penggunaan bahasa untuk mengekspresikan dan memberi makna yang kompleks. Biasanya kecerdasan ini dimiliki oleh para pengarang, penyair, jurnalis, pembicara, dan penyiar berita. Beberapa karakteristik yang ada pada orang yang memiliki kecenderungan kecerdasan bahasa antara lain adalah :

"1. Mendengarkan, merespon setiap suara dan berbagai ungkapan kata;

2. Menirukan suara, bahasa, membaca dan menulis;

3. Belajar melalui menyimak, membaca dan menulis serta diskusi;

4. Menyimak secara efektif, memahami, menguraikan, menafsirkan dan mengingat apa yang diucapkan;

5. Membaca secara efektif, memahami, meringkas, menafsirkan atau menerangkan;

6. Berbicara secara efektif kepada beragam pendengar, beragam tujuan, dan mengetahui cara berbicara secara sederhana, fasih, dan bergairah;

7. Menulis secara efektif, memahami dan menerapkan aturan-aturan tata bahasa, ejaan, tanda baca dan kosa kata yang efektif;

2. Kecerdasan Logika Matematika (Logical Mathematic Intelligence)

Merupakan kemampuan dalam menghitung, mengukur dan mempertimbangkan proposisi dan hipotesis, serta menyelesaikan operasi-operasi matematika. Kecerdasan matamatika biasanya dimiliki oleh para ilmuwan, ahli matematika, akuntan, insinyur, dan pemrogram komputer. Beberapa karakteristik orang yang memiliki kecenderungan kecerdasan matematika antara lain adalah : 1. Merasakan berbagai tujuan dan fungsi mereka dalam lingkungannya; 2. Mengenal konsep-konsep yang bersifat kuantitatif, waktu dan hubungan sebab akibat; 3. Menggunakan simbol-simbol abstrak untuk menunjukkan realita; 4. Menunjukkan keterampilan memecahkan masalah secara logis; 5. Menggunakan bermacam-macam keterampilan matematis, seperti memperkirakan, perhitungan logaritma, menafsirkan statistik, dan informasi visual dalam bentuk grafik; 6. Berpikir secara sistematis dengan mengumpulkan bukti,membuat hipotesis dan merumuskan berbagai model;

3. Kecerdasan Spasial (Spatial Intelligence)

Kemampuan membangkitkan kapasitas untuk berpikir dalam tiga dimensi seperti yang dilakukan pelaut, pilot, pemahat, pelukis, dan arsitek. Kecerdasan ini memungkinkan seseorang merasakan bayangan eksternal dan internal, melukiskan kembali, mengubah dan memodifikasi bayangan dan obyek melalui ruang untuk menghasilkan suatu gambar/grafik ataupun suatu benda. Beberapa karakteristik orang yang memiliki kecenderungan kecerdasan spasial antara lain adalah : 1. Belajar dengan melihat dan mengamati; 2. Mengarahkan dirinya pada benda-benda secara efektif dalam ruangan; 3. Merasakan dan menghasilkan sebuah bayangan mental, berpikir dalam gambar dan memvisualisasikan detail; 4. Membaca grafik, bagan, peta, dan diagram visual; 5. Menikmati gambar-gambar tak beraturan, lukisan, ukiran atau obyek repro lain dalam bentuk yang dapat dilihat; 6. Menikmati bentukan hasil tiga dimensi, seperti obyek origami, jembatan tiruan dan maket

4. Kecerdasan Kinestetik Tubuh (Body Kinesthetic Intelligence)

Kemampuan seseorang untuk menggerakkan suatu obyek dan keterampilan-keterampilan fisik yang halus. Kemampuan atau kecerdasan ini dimiliki oleh para atlit, penari, ahli bedah, dan seniman. Lingkungan belajar diupayakan berupa menu-menu yang terkait dengan kinestetik, antara lain: 1. Bermain peran atau menirukan; 2. Menciptakan suatu gerakan / rangkaian gerakan untuk menjelaskan; 3. Menciptakan suatu model; 4. Merancang suatu produk; 5. Merencanakan dan menghadiri suatu perjalanan lapangan; 6. Membuat suatu permainan atau sejenisnya.

5. Kecerdasan Musik (Musical Intelligence)

Merupakan kecerdasan yang memiliki sensitivitas pada pola titian nada, melodi, ritme, dan nada seperti yang dimiliki oleh komposer, musisi, kritikus, dan pembuat alat musik, atau seorang pendengar yang sensitif. Beberapa karakteristik orang yang memiliki kecenderungan kecerdasan musikal antara lain adalah : 1. Mendengar dan merespon dengan ketertarikan terhadap berbagai bunyi; 2. Menikmati dan mencari kesempatan untuk mendengarkan musik atau suara-suara alam pada suasana belajar; 3. Merespon terhadap musik secara kinestetik; 4. Mengembangkan kemampuan menyanyi atau memainkan instrumen secara sendiri; 5. Mengembangkan referensi kerangka berpikir pribadi untuk mendengarkan musik; 6. Mengembangkan improvisasi dan bermain dengan suara/bunyi.

6. Kecerdasan Interpersonal (Interpersonal Intelligence)

Merupakan kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain secera efektif, seperti yang dimiliki oleh guru, pekerja sosial, artis atau politisi yang sukses. Lingkungan belajar diupayakan berupa menu-menu yang terkait dengan kecerdasan interpersonal, antara lain: 1. Memimpin Suatu Rapat; 2. Bersama Seorang Rekan Menggunakan Penyelesaian Masalah Berat; 3. Bermain Peranan Dengan Berbagai Perspektif; 4. Mengatur Dan Ikut Serta Dalam Sebuah Kelompok; 5. Mengajarkan Orang Lain Tentang Suatu Hal; 6. Berlatih Memberi Dan Menerima Umpan Balik; 7. Menciptakan Suatu Sistem /Prosedur Dari Suatu Kegiatan.

7. Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Intelligence)

Merupakan kemampuan untuk membuat persepsi yang akurat tentang diri sendiri dan menggunakan pengetahuannya untuk merencanakan dan mengarahkan kehidupan seseorang, seperti yang dimiliki oleh ahli agama, ahli psikologi dan ahli filsafat. Beberapa karakteristik orang yang memiliki kecenderungan kecerdasan intrapersonal antara lain adalah : 1. Sadar Akan Wilayah Emosinya; 2. Menemukan Cara-Cara Dan Jalan Keluar Untuk Mengekpresikan Perasaan Dan Pemikirannya; 3. Termotivasi Untuk Mengidentifikasi Dan Memperjuangkan Tujuannya; 4. Membangun Dan Hidup Dalam Suatu Sistem Nilai Etika (Agama); 5. Bekerja Mandiri; 6. Berusaha Mencari Dan Memahami Pengalaman Batinnya Sendiri; 7. Memberdayakan Orang Lain (Memiliki Tanggung Jawab Kemanusiaan).

8. Kecerdasan Natural (Naturalistic Intelligence)

Merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang terkait dengan lingkungan alam dan merupakan kecerdasan kedelapan dari kecerdasan yang tidak termasuk teori asli Multiple Intelligences dari Gardner. Kecerdasan ini terkait dengan sensitifitas terhadap alam dan faktor lingkungan, misalnya mudah berinteraksi dengan hewan, mampu memprediksi terjadinya perubahan alam, mudah mengenali berbagai spesies hewan maupun tumbuhan. Kecerdasan ini akan lebih mudah diwujudkan melalui pengumpulan dan penganalisaan suatu subjek yang berhubungan dengan alam.

9. Kecerdasan eksistensial

Kecerdasan eksistensial berkaitan dengan kemampuan seseorang menempatkan diri dalam lingkup kosmos, memaknai hidup, memaknai kematian, memahami nasib dunia jasmani dan kejiwaan, dan memaknai pengalaman mendalam seperti cinta atau kesenian. Orang dengan kecerdasan eksistensial puya sensitivitas dan kapasitas untuk menghadapi pertanyaan mendalam tentang kehidupan, seperti "Apa arti hidup? Kenapa kita mati? Kenapa kita ada?" Bagaimana menurut kamu setelah mempelajari tentang kecerdasan ? Apa jenis-jenis kecerdasan yang menonjol pada diri kamu ? Apa manfaat/tujuan ketika kamu mengetahui kecerdasan yang menonjol pada diri kamu ?